Senin, 14 Mei 2018

Wanita Penting Dalam Buku Jenderal Yoga


·       
Ada cerita pendek tentang seorang wanita penting yang terselip dalam buku Jenderal Yoga, Loyalis di Balik Layar ini. Cerita pendek yang ada dalam Bab 4 itu, mengisahkan upaya keras pada hari-hari pertama bulan Oktober 1965, untuk mengorek informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September.

Selama beberapa hari, para perwira bermarkas di Kostrad untuk memudahkan bergerak cepat dan menghadapi setiap perubahan keadaan. Selama itu pula pencarian informasi dan dokumen terus dilakukan lewat berbagai cara, penggerebekan dan interogasi Salah satu cara mengorek informasi dilakukan dengan mencoba mempertemukan Panglima Kostrad Jenderal Soeharto  dengan salah satu isteri Bung Karno, yakni Ratna Sari Dewi. Tentu saja upaya tersebut dilakukan dengan sangat hati-hati. Adapun gagasan pertemuan itu berasal dari teman Yoga sewaktu di Jepang, Martono, yang di kemudian hari menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Agar tidak menyolok maka diusahakan Dewi bermain golf, dan seperti secara kebetulan, Pak Harto juga bermain golf di tempat yang sama. Tetapi tenyata rencana rahasia itu bocor dan sampai ke Presiden Soekarno dengan laporan seolah-olah Yoga Sugomo dan Ali Moertopo mau menculik Dewi. 

Malam itu beberapa orang yang mengaku sebagai utusan Bung Karno datang ke Kostrad untuk “mengambil” Yoga dan Ali Moertopo. Tapi Yoga menolak, “Tidak. Kalau mau perang, ya perang. Pokoknya saya tidak mau berangkat.” Bagaimana akhir dari kisah ini? Ikuti dalam buku Jenderal Yoga, Loyalis di Balik LayarFoto : Yoga Sugomo di Sekolah Intelijen sangat bergengsi M16 - Inggris.

BUKU BARU: *JENDERAL YOGA
Loyalis di Balik Layar*
Seperti Diceritakan kepada B. Wiwoho dan Banjar Chaeruddin
hlm. 436 + xlii
Uk. 15 x 23 cm
Kat. Social Science (Biografi)
Penerbit Buku Kompas, 2018 (diterbitkan kembali
dengan revisi)
Harga: Rp 99.000,-
Pemesanan: kompas.id (mulai tgl. 8 Mei sudah bisa pesan)
Edar di Gramedia: 14 Mei.
            KOMPAS KRING +6221 2567 6000
            WHATSAPP +62812 900 50 800
            EMAIL hotline@kompas.id


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda