Rabu, 14 Oktober 2020

MENGAMBIL HIKMAH DAN PELUANG DIKABULKANNYA DOA KETIKA DIZALIMI

 

Siapa yang tidak sakit hati bila dizalimi apalagi ditambah penganiayaan fisik? Hampir semua kita pasti seperti itu. Betapa besar penderitaan orang yang dizalimi, dan sebaliknya betapa kejamnya kezaliman, sampai Allah Yang Mahaadil, membuka tabir hijab-Nya kepada orang yang dizalimi, memberikan peluang besar sehingga doanya akan dikabulkan.

Karena itu Kanjeng Nabi Muhammad saw. mengingatkan sebagaimana diriwayatkan Ibnu Abbas,  “Takutlah kalian terhadap doa orang yang didzalimi, karena tidak ada hijab antara dia dengan Allah,”.

Meskipun tiada tabir pembatas antara orang yang sedang terzalimi dengan Allah, Rasulullah dan para sahabat tidak serta merta memanfaatkan peluang emas tersebut untuk membalas dendam, bahkan sebaliknya, memaafkan serta  mendoakan kebaikan kepada orang-orang  yang menzalimi beliau.

Hal yang sama dilakukan oleh para sahabat. Mereka  mengamalkan asma Allah, Rahman dan Rahim, dalam bentuk kepedulian dan kasih sayang terhadap sesamanya. Banyak dalil yang memerintahkan kita agar saling menyayangi satu sama lain, bahkan menyayangi orang lain seperti menyayangi diri sendiri, sebagai  tanda kesempurnaan iman. Semua itu mereka lakukan semata-mata untuk mendapatkan ridha Ilahi.

Sebaliknya tidak sedikit dalil yang mengecam segala bentuk kezaliman. Walau demikian Rasulullah dan para sahabat tidak membalas kezaliman dengan kezaliman, juga tidak mau mendoakan keburukan meski terhadap orang yang menzalimi, sebab itu berarti kita pun menjadi ikut berbuat keburukan

Kanjeng Nabi Muhammad, memberikan contoh bagaimana memaafkan serta berdoa memohon kebaikan bagi diri kita sendiri (yang dizalimi), selagi tiada tabir yang menghalangi dengan Allah, karena Allah akan mengabulkan doa orang yang dizalimi.

Bahasa terangnya, marilah kita mengambil hikmah dengan memanfaatkan peluang dikabulkannya doa kita (yang terbuka karena kita dizalimi), bagi kebaikan dan keberkahan kita dalam perjalanan hidup selanjutnya, dunia maupun akhirat. Lebih lengkap klik: https://panjimasyarakat.com/2020/10/08/mengambil-hikmah-dan-peluang-dikabulkannya-doa-ketika-dizalimi/

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda