Senin, 30 April 2018

Lahirnya Kopkamtib, Lembaga Keamanan Super


·       
Di era Pemerintahan Orde Baru, ada sebuah lembaga yang sangat terkenal sekaligus super ditakuti yaitu Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban, terutama di masa kepemimpinan Jenderal Sumitro. Tahukan anda kapan dan bagaimana kelahiran lembaga tersebut?

Pada tanggal 2 Oktober 1965, Panglima Kostrad Mayjen Soeharto didampingi  Asisten Intel Kostrad Kolonel Yoga Sugomo dan seorang ajudan menghadap Presiden Soekarno di Istana Bogor dengan pengawalan sejumlah panser. Ketiga orang ini berpakaian loreng dan menyandang pistol. Memasuki kompleks Istana, mereka diminta melepas senjata. 

Pertemuan di Istana Bogor yang kemudian berlangsung selama 5 jam itu, merupakan pertemuan pertama setelah meletus Peristiwa G30S, antara Presiden Soekarno yang secara resmi pada saat itu adalah Panglima Tertinggi sekaligus Pemimpin Besar Revolusi, dengan Pangkostrad Mayjen Soeharto yang secara de facto menguasai kekuatan militer khususnya Angkatan Darat, yang dengan tegas sudah menyatakan akan menumpas Dewan Revolusi yang melakukan penculikan dan pembunuhan para Perwira Tinggi pada 1 Oktober dini hari. 

Bung Karno mengulang kembali apa yang sudah disampaikan melalui ajudannya Bambang Widjanarko mengenai keputusannya menunjuk Mayjen Pranoto Reksosamudro menjadi pelaksana harian pimpinan Angkatan Darat. Sementara pak Harto dengan senyum dinginnya mengalihkan pembicaraan pada soal nasib para Jenderal yang diculik dan dibunuh, yang sampai saat itu belum jelas. Pak Harto juga menegaskan akan menghancurkan siapa saja yang terlibat dalam penculikan termasuk Dewan Revolusi, seraya menyatakan tidak menentang pengangkatan Jenderal Pranoto, tapi keberatan.

Menanggapi hal itu akhirnya Bung Karno mengambil jalan kompromi dengan tetap mengangkat Pranoto , sementara Soeharto ditunjuk sebagai Panglima sebuah lembaga baru yang bertugas menegakkan keamanan dan ketertiban, yaitu Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban. Selengkapnya, ikuti Bab 4 buku “Jenderal YOGA, Loyalis di Balik Layar.”  

Foto: Jenderal Sumitro (Pangkopkamtib/Wapangab 1971 - 1974) bersama Bung Karno, http://sejarahduniatempodoeloe.blogspot.co.id/2015/10/jenderal-soemitro.html

 

 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda